Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Minggu, 18 November 2012 | 08.53 | 1 Comments

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

cara mencegah jerawat
Memang benar,jerawat itu sangat mengganggu penampilan.Walaupun tidak berbahaya,tetapi akan sangat mengganggu mental seseorang,yaitu menurunnya kepercayaan diri.

Informasi mengenai cara menghilangkan jerawat sudah sangat banyak,dan beragam cara sudah membuktikan hasilnya.Namun,ada langkah baik yang perlu Anda ketahui sebelum berjerawat,yaitu dengan melakukan upaya mencegah jerawat.Sambil mencegah,Anda juga bisa menghilangkan jerawat,jika Anda sudah mengalaminya.


Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat 

Untuk mencegah timbulnya jerawat atau bisa juga menghilangkan jerawat,berikut adalah tips yang bisa membantu :

1.Rajinlah membersihkan wajah Anda.
Salah satu hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah kotoran dan bakteri menempel pada wajah. Jadi, dengan membersihkan wajah memakai sabun wajah akan menyingkirkan kotoran dan bakteri yang terdapat pada wajah.Membersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan pembersih ringan.Gunakan PHseimbang pembersih yang tidak mengandung terlalu banyakbahan kimia atau minyak wangi. 

2. Jangan memegang wajah terlalu sering, terutama bila tangan Anda kotor. Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena kulit terkena bakteri dari luar, seperti yang ada di tangan Anda.

3. Hindari memencet jerawat. 
Bakteri yang melekat pada tangan atau alat alat yang tidak steril, maka akan meninggalkan bekas di wajah.Saat Anda memencet jerawat lapisan yang terdapat di bawah kulit bisa rusak dan mengakibatkan minyak wajah menyebar pada bagian wajah yang lain. Jerawat bukannya hilang malah bertambah banyak. Untuk menghilangkan jerawat yang baru muncul Anda bisa mengompres pada bagian berjerawat dengan air hangat, maka kuman akan mati dan infeksi mereda dan biasanya jerawat akan segera kempes.

4. Membersihkan wajah dengan uap air panas atau setiap bulan atau dua minggu. Hal ini bagus untuk membuka pori dan membuang kotoran di muka yang tersisa.

5.Singkirkan rambut dari wajah
Saat kita menjalankan aktifitas sehari-hari rambut akan menjadi kotor dan berminyak. Dan kalau sudah begitu, ketika rambut menyentuh wajah akan bisa menyebabkan jerawat karena kotorannya berpindah ke wajah kita.

6. Konsumsi makanan pencegah jerawat dan menghindari makanan penyebab jerawat.
Seharusnya tidak mencegah jerawat dari luar saja. Pencegahan jerawat juga dapat menghindari makanan seperti di fast food, kafein atau makanan yang mengandung garam. Makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk tubuh dan memberikan nutrisi untuk kulit sehingga kulit akan sehat dan menghindari jerawat.

Perbanyaklah makan sayur atau buah, terutama yang mengandung vitamin E. Dengan kulit yang sehat, maka jerawat akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

7.Hindari stres, karena hormon yang dihasilkan tubuh saat stres juga dapat memicu munculnya jerawat di wajah.

8. Tidur yang cukup dan teratur. 
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.

9. Minum 2 liter air sehari.
Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan mampu membantu dalam mengeluarkan racun dan zat yang tidak berguna dari dalam tubuh. Dan hal tersebut akan bisa mengurangi resiko timbulnya jerawat.

10. Cuci sarung bantal dan sprei secara teratur.
Pada saat rambut atau wajah kita yang kotor menempel pada bantal dan sprei terus pada suatu hari kita menempelkan wajah kita ke bantal maka otomatis kotoran akan berpindah lagi ke wajah.

11. Kurangi dan hati-hati dalam pemakaian kosmetik.
Pemakaian kosmetik dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Lebih baik pilih kosmetik dengan bahan dasar air ketimbang bahan dasar minyak.Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak.Jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda,jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

Gunakan pelembab kulit.Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit kita, terutama dari kulit kering dan pecah-pecah. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak,sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar air. 

12. Menggunakan masker pencegah jerawat secara teratur.
Anda bisa memakai produk masker anti jerawat dari produk-produk kecantikan terkenal seperti sariayu, biokos, dll atau bisa juga menggunakan yang alami seperti masker jeruk nipis dan madu.

Itu dia cara mencegah jerawat,sekaligus tips menghilangkan jerawat.Semoga bermanfaat,dengan menggunakan tips mencegah jerawat di atas,Anda bisa terhindar dari jerawat.


1 komentar:

tabitha mengatakan...

rajin cuci muka tu, apalagi kalau mau tidur supaya kototan debu hilang. :)

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.