Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Kamis, 25 Oktober 2012 | 21.31 | 2 Comments

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih


manfaat daun sirihDaun sirih sebagai tanaman yang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita adalah salah satu tanaman berkhasiat yang tumbuh di Indonesia.Tanaman ini dikenal memiliki manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Tanaman yang memiliki nama latin Piper Betle L adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat dan biasanya sering bersandar di batang pohon.

Taukah anda,kandungan apa saja yang terdapat pada daun sirih sehingga daun sirih ini sangat bermanfaat ??

Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Nah untuk manfaatnya sendiri,berikut beberapa manfaat daun sirih yang perlu diketahui : 



1.Daun Sirih Dapat Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegah Kerusakan Gigi.
Untuk mendapatkan khasiat ini ,caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih.Kemudian diamkan sampai hangat,gunakan air rebusan daun sirih ini untuk kumur-kumur.Atau daun sirih ini bisa langsung dikunyah untuk mencegah kesusakan gigi.

2.Daun Sirih Untuk Menghilangkan Bau Badan dan Bau Ketiak.
Pada daun sirih terdapat kandungan atsiri yang dapat membunuh kuman penyebab bau badan.Untuk mendapatkan kegunaan ini adalah sengan menggunakan daun sirih sebagai sabun mandi dan meminum rebusan daun sirih setiap hari.Untuk sabunnya sendiri,sudah banyak produk-produk sabun dari daun sirih.

3.Daun Sirih Untuk Mengobati Mimisan atau Hidung Berdarah.
Biasanya untuk obat hidung berdarah atau mimisan , dipakai 2 lembar daun sirih segar dengan tujuan mengeluarkan minyaknya, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

4.Daun Sirih Bisa Mengobati Keputihan.
Daun sirih ini dapat digunakan untuk mengurangi atau mencegah terjadinya keputihan serta menjaga organ atau daerah kewanitaan karena khasiat daun sirih sebagai anti septik.Cara menggunakanannya adalah dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan secara berulang-ulang.Anda juga bisa menggunkan sabun atau pembersih yang mengandung bahan daun sirih  agar lebih praktis.

5.Daun Sirih Untuk Mengobati Batuk.
Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati batuk.Caranya adalah dengan menyediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.

Cara Cepat HamilSelain manfaat di atas,daun sirih juga memiliki manfaat lain.Berikut adalah khasiat daun sirih yang lainya :

Untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan, hipertensi (darah tinggi), dan ambien,sariawan,jerawat,haid tidak teratur,membersihkan mata,gusi bengkak (getahnya),eksim,bisul,luka bakar,koreng,kurap kaki,bisul,menghilangkan gatal,mengurangi produk ASI yang berlebihan,dan masih banyak manfaat lainnya.


Sangat banyak manfaat daun sirih sehingga kita perlu menjaga warisan nenek moyang kita ini.Dengan daun sirih,kita bisa lebih sehat dan cantik secara alami.

Itu dia manfaat daun sirih yang perlu dikenal.Semoga bermanfaat,nantikan tips kesehatan berikutnya.


2 komentar:

Abdian mengatakan...

benar sob, dari daun sirih kita bisa mengambil banyak manfaatnya

Alid Abdul mengatakan...

Selain untuk menghilangkan bau mulut, daun sirih juga bisa mengobati penyakit mata loh :)

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.