Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Sabtu, 27 Oktober 2012 | 22.29 | 1 Comments

Khasiat atau Manfaat Daun Sirih Merah

manfaat daun sirih merahDaun sirih merah adalah salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman yang memiliki nama latin Piper Crocatum sudah dikenal sejak jaman nenek moyang yang di jaman modern ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias,karena memang tanaman ini enak dipandang mata.Juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Layaknya tanaman daun sirih biasa,daun sirih merah juga tumbuh merambat,dengan ciri khas berbatang bulat hijau keunguan,dengan ada garis merah dan tidak berbunga.Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata serta sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing.

Tahukah anda apa saja kandungan daun sirih dan apa saja manfaat daun sirih ini ?

Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Secara empiris sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di dalam daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada.

Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga bisa digunakan sebagai obat antiseptik untuk menghilangkan bau mulut dan keputihan. Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut.

Cara Cepat Hamil
Dalam tradisi pengobatan di jawa dan beberapa daerah lainnya di Indonesia,daun sirih merah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan ,seperti bau mulut,keputihan ,dan ambien.Kandungan Alkoloid pada tanaman daun sirih merah berfungsi sebagai antimikroba.

Di China,daun sirih merah seing digunakan untuk pengobatan tradisional,seperti menghentikan batuk atau meringankan gejala batuk,meluruhkan kentut,menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan.

Untuk merasakan khasiat daun sirih merah,Anda dapat merebus daun sirih merah dengan merebus 3-5 lembar daun sirih merah dalam 2 gelas air dan meminumnya secara rutin.



Semoga dengan manfaat daun sirih merah di atas dapat memberikan manfaat untuk Anda.Nantikan tips kesehatan berikutnya.









1 komentar:

tips tips menarik mengatakan...

blog bermanfaat,thangs....

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.