Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Kamis, 01 November 2012 | 21.42 | 0 Comments

Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

manfaat lari pagi
Tak asing lagi di telinga kita,ya lari pagi atau istilah ngetren dibilang "jogging" merupakan salah satu aktivitas olahraga yang memberikan berbagai keuntungan atau manfaat bagi kesehatan.Tak hanya kesehatan fisik,kesehatan mentalpun akan lebih baik.

Ditambah lagi informasi terbaru bahwa olahraga lari merupakan salah satu cara agar tetap awet muda ,berdasarkan deklarasi para peneliti.“Dan dari berbagai olahraga kardio yang ada, olahraga lari telah dinobatkan sebagai olahraga yang dapat membuat tubuh prima serta tetap awet muda,” papar JoAnn Manson, MD., kepala di divisi pencegahan pada rumah sakit Brigham and Women’s.

Trus,Apa Saja Manfaat Lari Pagi ???
Untuk lebih jelasnya,berikut adalah beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental :

1.Manfaat Lari Pagi Untuk Menajamkan Mata  :
Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.

2.Manfaat Lari Pagi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung  :
Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

3.Manfaat Lari Pagi Untuk Mendongkrak Gairah  :
Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.

4.Manfaat Lari Pagi Untuk Menguatkan Tulang  :
Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

5.Manfaat Lari Pagi Supaya Lancar Berfikir  :
Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.

6.Manfaat Lari Pagi Supaya Terbebas dari Dimensia  :
Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.

7.Manfaat Lari Pagi Agar Tidur Lebih Lelap  :
Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

8.Manfaat Lari Pagi Agar Jarang Terkena Flu  :
Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

9.Manfaat Lari Pagi Bisa Untuk Bernafas Lebih Lega  :
Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

10.Manfaat Lari Pagi Supaya Panjang Umur  :
Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.

11.Manfaat Lari Pagi Untuk Memperlancar peredaran darah .

12.Manfaat Lari Pagi Agar Kaki akan tampak lebih atletis , wajah semakin tampak cerah dan kulit lebih sehat .

Itu dia beberapa manfaat olahraga lari pagi bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.Semoga dengan berlari pagi tubuh kita akan lebih sehat dan selalu prima.

Tips agar lari pegi menyenangkan dan tidak membosankan adalah dengan jogging bersama teman-teman,keluarga atau yang paling mengasikkan bersama pasangan.Atau sambil mendengarkan music saat berlari pagi.Sehingga sehatpun bisa didapat dengan menyenangkan.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.