Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Sabtu, 17 November 2012 | 15.57 | 3 Comments

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang berwarna hijau yang hampir setiap orang mengenalnya.Kacang hijau ini selain enak setelah diolah menjadi makanan atau minuman,juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Fakta dari kacang hijau yang luar biasa hebatnya yaitu walaupun direbus lama,namun khasiat kacang hijau masih utuh,sehingga Anda tidak perlu khawatir gizinya yang berkurang.

Kacang hijau (Phaseolus aureus) terkenal sebagai sumber protein  nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral, fosfor, zat besi, mangan, dan kalsium yang penting bagi tubuh kita. Manfaat kacang hijau dikenal dapat membuat otak lebih cerdas dan mudah dalam berfikir. Hal ini tidak lain adalah berkat kandungan protein yang tinggi dalam kacang hijau tersebut.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin E untuk membantu meningkatkan kesuburan. Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan karena bersifat alkalis (basa). Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Manfaat Kacang Hijau

Dengan banyaknya kandungan dari kacang hijau,membuat kacang hijau memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan.Berikut adalah manfaat kacang hijau bagi kesehatan :

1.Manfaat kacang hijau untuk kesehatan jantung. Hal itu bisa terjadi karena dalam kacang hijau tersebut mengandung lemak tak jenuh atau rendah lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2.Manfaat Kacang hijau sangat baik untuk pertumbuhan. Kacang hijau banyak mengandung Vit B1 sehingga sangat bermanfat untuk menambah pertumbuhan terutama untuk anak-anak. 

3.Kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Terutama untuk usia 30 ke atas. Hal ini bisa terjadi karena dalam kacang hijau banyak mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang.

4.Kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena kandungan asam folatnya.Asam folat sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf  pada bayi dalam kandungan dan dengan kandungan asam folat ini bayi dapat terhindari dari terjadinya kelainan jantung, bibir sumbing, dan berbagai kecacatan lainnya.

5.ManfaatKacang  hijau selanjutnya yaitu sangat berkhasiat membantu penyerapan protein, sebagai pencegah kanker, beri-beri,hingga meningkatkan kinerja syaraf.Hal ini karena kacang hijau mengandung vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.

Manfaat Kecambah Kacang Hijau

Satu lagi,selain kacangnya,kecambah kacang hijau juga bermanfaat.Berikut adalah manfaat kecambah kacang hijau :

1.Mencegah penyebaran sel kanker.

2. Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung dan melancarkan pencernaan.

3. Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.

4. Berguna untuk kecantikan yaitu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

5. Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan.


Itu dia khasiat kacang hijau .Kita bisa menikamati manfaatnya dengan mengolahnya menjadi makanan olahan yang lezat seperti bubur kacang hijau,bakpao,es kacang hijau, kolak kacang hijau, pia kacang hijau, susu kacang hijau atau olahan lainnya yang anda sukai.Sehingga selain kita menikmati kelezatannya ,juga kita bisa merasakan manfaatnya.

Jangan lupa,kecambahnya juga memiliki manfaat untuk kesehatan.Sehingga Anda juga perlu mengkonsumsi kacang dan kecambahnya.

 

3 komentar:

cream mengatakan...

kacang hijau bagus juga loh buat hormon dan kesuburan. :)

Industry Maintenance mengatakan...

sangat bermanfaat sekali, terimakasih ya

bollidaran mengatakan...

Thx infonya om mas bro internet...

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.