Hidup Sehat Makanan Sehat
Menambah Berat Badan Menurunkan Berat Badan
Obat Tradisional Obat Modern
Kamis, 08 November 2012 | 16.58 | 2 Comments

Obat Tradisional Menghilangkan Anemia

cara mengatasi anemiaPenyakit anemia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya produksi sel darah merah.Sehingga penyakit anemia  ini pun sering disebut sebagai penyakit kurang darah.

Penyebab utama penyakit anemia ini adalah akibat kekurangan zat besi dalam tubuh.Padahal yang perlu diketahui adalah zat besi merupakan unsur gizi yang akan membentuk komponen Hb atau sel darah merah. 

Tanda-tanda penyakit ini adalah: badan terasa lemah,kulit tampak kepucat – pucatan ,sering merasa pusing ,perasaan sangat sensitive sehingga mudah marah dann mudah pingsan.

Untuk pengobatannya,resep tradisional berikut bisa digunakan untuk menghilangkan anemia

a.Bahan :
  1.Tiga kerat lempuyang sebesar jari tangan,
  2.Gula jawa secukupnya,
  3.Kunyit secukupnya,

Cara Penggunaan : Lempuyang dan kunyit tidak dikupas kulitnya setelah dicuci langsung diparut ,dibubuhi gula jawa dan diperas.Kemudian rebuslah dengan air 3 gelas .Biarkanlah sampai mendidih,sehingga airnya tinggal satu gelas .Sebaiknya masa haid tiba,2 hari sebelumnya sudah minum ramuan ini.

b.Babakan pule 2 jari ,temulawak 1 jari,daun otot-otot (sembung otot) atau daun sendokan sepertiga genggam.Semua bahan direbus dengan air 5 gelas,sisakan setengahnya,kemudian diminum sehari 2 kali  tiga perempat gelas.

c.Sediakan wuni 10 biji ,asama kawak 2 jari,kunyit 1 jari,semua bahan dipipis (ditumbuk sampai halus) dan diberi air masak 1 cangkir.Diminum sehari 2 kali.

d.Sediakan daun tapak liman 10 lembar dipipis halus,diberi air masak 1 cangkir kemudian disaring dan diminum sehari 2 kali.

e.Sediakan bayam duri setengah genggam digiling halus ,dan diberi air masak 1 cangkir ,dicampur dengan kuning telur ayam kemudian diaduk dan diminum 2 kali sehari.

f.2 butir telur cuka direbus dengan air secukupnya sampai airnya tinggal separo.Diminum setelah agak dingin.

g.Kulit jeruk segar direbus dengan air secukupnya ,sampai berbau harum.Lalu campur dengan tempe dan garam secukupnya.Masak sampai airnya mendidih,lalu diminum jika sudah dingin.

h.Daun patikan kebo segar 20 ,rumput laut Che-Chai dan hati ayam secukupnya dibungkus dengan daun pisang ,dikukus (dipepes).Sesudah matang dapat dimakan dengan nasi .

i.Bahan :
  1.Daun kacang panjang 25 gram ,
  2.Daun ketela pohon ( singkong ) 25 gram,
  3.Daun bayam duri 25 gram,
  4.Daun papaya muda 25 gram,
  5.Kelapa secukupnya,
  6.Semua bahan direbus sampai masak ,lalu dibuat urap dengan kelapa .Dianjurkan makan makanan yang mengandung zat besi,tempe ,bayam ,tahu,jambu monyet ,daun ubi jalar,kuning telur.


Itu dia beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk menghilangkan anemia.Semoga dengan cara di atas ,anemia bisa dihilangkan.

Semoga bermanfaat,nantikan tips kesehatan berikutnya.

Sumber : Buku Pengobatan Tradisional ,karya R.M.Edhi Sutardjo

2 komentar:

pureit mengatakan...

tulisan yang bagus dan bermanfaat sekali....terimakasih untuk postingannya!

Resep Herbal alami anemia mengatakan...

info yang sangat bermanfaat dan lengkap..thanks ya..sangat membantu

Posting Komentar

 
Copyright Tips Kesehatan 123 © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.